Tips Mempercepat Loading Form Komentar Blog

Setelah kemarin mengulas trik URL Redirect pada blog, sekarang kita masuk kebagian optimasi loading blog, yaitu Cara Mempercepat Loading Form Komentar Blogspot.
Tips yang saya terapkan juga cukup mudah cuman 2 (dua) langkah, yaitu dengan sedikit mengedit kode HTML saja.
Sebelum saya jelaskan lebih lanjut pahami terlebih dahulu kode HTML untuk Form komentar blog dibawah ini.


1. Kode HTML Original Form Komentar
2. Kode Yang Sudah DiModifikasi
3. Tutorial

Sedikit ulasan, seperti yang kita tahu,form komentar blog ini mempunyai/mengandung banyak error dan tidak valid HTML. Setelah sobat lihat kode HTML yang Ori dan yang sudah dimodifikasi, pasti rada sedikit aneh kan dengan kodenya?? Anehnya karena pemanggilan iframe'nya dibuat terpisah menjadi dua bagian. Kode src yang biasanya digunakan untuk memanggil data external, lah koq dipisah. Inilah yang sedikit membuat loadingnya lambat.


Pehatikan saja load elemen bagian sidebar pasti lebih duluan nongol daripada form komentar. Seharusnya kan form komentar yang nongol duluan karena satu urutan setelah konten. Iya sih, sekilas memang tidak kelihatan/tidak terlalu diperhatikan. Tapi bila sobat ada yang merasakan hal yang sama dengan saya (haha kek lirik lagu galau aja yah!! :p ) Sobat bisa sedikit meminimalisir loading form komentar dengan cara berikut.

Tutorial

1. Langsung wae mlebu Edit HTML dan Lanjutkan. Jangan lupa centang pada "Expand Widget Template, dan tidak ada salahnya buat BackUp template sobat.

2. Cari kode dibawah ini

Kode HTML Original Form Komentar

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='520' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

Penjelasan:
Perhatikan kode HTML diatas, pada data:post.commentFormIframeSrc dan juga src='' itu yang bikin aneh, target "src iframe" yang dibiarkan kosong.

3. Pindahkan kode data:post.commentFormIframeSrc kedalam target src'' yang kosong. Sehingga menjadi seperti dibawah ini:

Kode Yang Sudah DiModifikasi

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='520' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>

Penjelasan:
Kalau dilihat kode tersebut ada 2, jadi ganti semuanya saja.

4. Langkah terakhir simpan template.

Seperti itulah Tips Mempercepat Loading Form Komentar Blog. Selamat mencoba dan ditunggu tanggapannya.

Tags ALT Otomatis Pada Setiap Gambar di Blog

Cara memberikan Tags ALT Otomatis pada setiap gambar di Blogspot.  Postingan Sebelumnya yaitu Cara Membuat CTRL+U Redirect Dengan Javascript, sekarang lanjut lagi membahas tentang tags ALT otomatis pada Image di Blogspot. Pengalaman sendiri nih sob, yang suka males ataupun lupa naruh ALT pada tiap image yang dipasang. Penting gak penting lebih banyak pentingnya sih, diantaranya dengan Tags ALT ini bila image/foto kita di upload dan di copas bisa kebaca oleh google bot.
Jadi Sedikit banyak ngaruh juga di Image SEO. Yang pasti google lebih tahu mana yang asli dengan yang copas. Disamping itu juga ada manfaatnya buat validalitas di CSS Validation Service biasanya image yang ada di blog kita bila tidak ada Tags ALT kedetect error sob. Selebihnya anda cari sendiri yoo. Hehe

Bila sudah males baca basa-basi saya silahkan langsung saja klik menu dibawah ini:


Menu di dalam postingan:

1. Kode JavaScript
2. Cara Pemasangan

Nah bila tidak perlu repot-repot dalam kita memberi Tags ALT alangkah lebih baiknya bisa sobat memakai cara ini. Pastinya lebih efisien.
Kode yang digunakan disini yaitu dengan JavaScript sob. Yowes, simak lebih lajut dibawah ini.

Kode JavaScript

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.6.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
  $('img').each(function(){
    var $img = $(this);
    var filename = $img.attr('src')
    $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
  });
});
//]]>
</script>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
  $('img').each(function(){
    var $img = $(this);
    var filename = $img.attr('src')
    $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
  });
});
//]]>
</script> 

Note: 
Perhatikan kode JS yang saya tandai dengan warna merah, bila ditemplate sobat sudah ada kode JS tersebut, hapus saja kode tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi Crash.

Cara Pemasangan

1. Login pastinya
2. Masuk Template - Edit HTML - Lanjutkan - Ceklist Expand template widget.
3. Cari kode </body>
4. Bila sudah ketemu, letakan kode script'nya diatas kode </body>
5. Save Template.


Piye sob, gampang kan Cara memberikan Tags ALT Otomatis pada setiap gambar di Blogspot.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Salam Blogger !! \m/

Update:

Kode script diatas bisa kita perisingkat lagi menjadi seperti dibawah ini.

$(document).ready(function() {
  $('img').each(function(){
    var $img = $(this);
    var filename = $img.attr('src')
    $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
    $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
  });
}); 

Lebih ringkas dengan fungsi yang sama. Jangan lupa kode JS, dan pembungkusnya. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat CTRL+U Redirect Dengan Javascript

Cara proteksi CTRL+U dengan redirect link pada blogspot - Banyak tutorial yang saya jumpai dan saya ketahui tapi blm semua saya share disini, saking lamanya gak di share tips n triknya jadi basi. hahaa...
Pastinya sobat sudah tidak asing lagi kan dengan judul diatas? Jelas, karena sudah banyak yang share diluar sana. Yang akan saya ulas disini yaitu Redirect CTRL+U ke link yang kita kehendaki, tentunya dengan JavaScript. Memang ada banyak caranya, tapi beberapa juga ada yang memanfaatkan kode script seperti di postingan saya sebelumnya, yang hanya tinggal memanimulasi kodenya dengan menambahkan url redirect yang kita inginkan. Tapi bukan itu yang akan saya share disini.



Sedikit ulasan apa itu Redirect Link.
Redirect Link berfungsi untuk mengalihkan halaman yang satu ke halaman yang lain. Ada banyak macamnya, contoh yang mudah dipahami yaitu Redirect link Otomatis dan Manual. Redirect otomatis, berarti tanpa kita suruh juga sudah langsung pergi ketempat yang sudah ditentukan, bisa url gambar, link, dsb (redirect). Lain halnya dengan yang manual, nah contohnya seperti yang akan saya bahas kali ini.
Mudeng apa Mubeng sob dengan penjelasan saya diatas ?? Hahaha :p

Untuk DEMOnya silahkan pencet CTRL+U diblog ini sob.
Piye sob, dadi ora ?? :D
Sek sob, ngopi + udud sek yo... kesel mikir + ngetik ki... :v

CTRL+U Redirect yang kita pakai disini yaitu mengguanakan kode JavaScript berikut:

 <script src="http://k-blogger.googlecode.com/files/rdctrl%2Bu.js" type="text/javascript"> 

Note:
Silahkan dikombinasikan (edit) sendiri kode javascript diatas (yang berwarna merah). Jangan sampai salah redirectnya ke blog orang lain loh ?? Hohoho

Seperti itulah kiranya Cara Membuat CTRL+U Redirect Link di Blog. BIla ada kesulitan silahkan langsung saja tanyakan disini. Selamat mencoba !!

Seragam Kerja Kantor Murah di Surewi

Informasi bagus bagi Anda yang membutuhkan seragam kerja kantor, yaitu Seragam Kerja Kantor Murah di Surewi. Apa dan bagaimana Surewi itu ?? Sekilas tentang Surewi Wardrobe, Surewi Wardrobe berdiri pada tahun 2007, Adalah sebuah manufaktur garment dan general trading yang bergerak di bidang pelayanan kebutuhan akan pakaian seragam kerja / uniforms dan juga melayani penyediaan aneka keperluan barang promosi / merchandise.

Seragam Kerja Surewi Kontes


Di Surewi Wardrobe produknya bervariasi dan keren-keren tentunya, serta bisa dipesan secara online, antara lain:
Polo Shirt, T-Shirt, Kemeja Formal / Formal Shirt, Kemeja F1 / Racing Shirt, PDH, PDL, SPG Uniform, Celana formal / Formal Pants, Celana casual / Casual Pants, Jacket, Jas / Formal Suit, Jasket, Blazer, Rompi / Vest, Topi / Cap, Apron, Hairnet, Dasi, Other promotional items.

Soal kualitas jangan diragukan lagi, entah itu Kuaalitas Produk, Kuaalitas Pengiriman Barang, Ataupun Kuaalitas Pelayannya. Kabar bagusnya lagi Anda juga bisa secara langsung mendesign sendiri, mulai dari bahan yang digunakan ataupun design untuk seragam kantornya.

Biar tambah lengkap berikut contoh design gambar seragamnya:
Seragam kerja untuk laki-laki dengan design elegan yaitu Kemeja Formula


Seragam kerja untuk wanita dengan design elegan pula yaitu Segaram Kerja kantor, dengan warna pink yg imut bila dipakai seorang wanita. ^^


Tentunya masih banyak lagi design-design yang lainnya dan hanya ada di  Surewi Wardrobe.
Segera saja pesan dan kunjungi websitenya "www.surewi-seragam.com". Atau berikut Informasi Pemesananananya:

Surewi Wardrobe
Jl. Tanah Seratus No.15 RT 05 / RW 11
Sudimara Jaya, Ciledug
Tangerang - 15151
Indonesia

PIN BB
Telephone 1
Telephone 2
Layanan SMS
Fax

: 228204D4
: 021 - 83662219
: 021 - 94484494
: 0813 - 16500561
: 021 - 7333240


Tertarik...?? Segeralah kunjungi websitenya dan mulai memesannya. Seragam Kerja Kantor Murah di Surewi.

Postingan Blog Deindex di SE (Search Engine) Google

Bingung juga kenapa ada beberapa dari postingan kode-blogger bisa hilang (De-Index) di pencarian google. Seperti yang sedang saya alami sendiri beberapa hari ini, khususnya untuk postingan Cara Mempercepat Loading Blog With Script Lazyload. Problemnya, kadang muncul kadang hilang di SE (Search Engine) Google. Padahal di PageOne.

deindex

Berikut adalah beberapa alasan dari pengalaman saya sendiri. Alasan kenapa postingan blog bisa hilang di SE (Search Engine) yaitu:

1. Update Algoritma, Maintenance dan Semacamnya
Seperti yang sudah sobat ketahui, dalam beberapa bulan ini ditahun 2012, Google sudah mengUpdate Sistem pencarian, lebih tepatnya soal Algoritma Google beberapa kali. Berikut ulasan update algoritmanya:

-Panda Update : 20 Sept. 27, 2012
-EMD Update : 1 Sept. 28, 2012
-Penguin Update : 3 Oct. 5, 2012

-Top Heavy : 2 Oct. 9, 2012

Bisa dilihat kan dalah 1tahun bisa berapa kali update ?? Mungkin faktor diatas jg berpengaruh pada posisi blog kita di SE (itu menurut persepsi saya sendiri loh).

2. Sifat Google yang suka berbagi Trafic
Gak jauh beda dengan efek algoritma google yang baru, bagi para blog/website baru yang sekarang sedikit lebih di tonjolkan khusunya di pencarian google. Blog baru yang sudah terindex, begitu juga dengan postingannya, sedikit banyak dari mereka pasti muncul di PageOne, walaupun cuman bertahan beberapa jam/hari saja. 
Dengan alasan inilah google memberikan kesempatan kepada semua website dan blog yang baru menjadi tumbuh dan berkembang, sehingga lebih memacu semangat dalam memuat berita.

3. Duplikat Konten
Ini neh yang kadang ribet diatasi, kalau dari blog saya sendiri mungkin jarang saya temuin duplikat konten karna kesalahan saya sendiri. Tapiiiiiii.... yang bikin repot and jengkel yaitu para Kopasser.. (Haha.. para pengKopas konten orang), yang dengan sengaja menjliplak habis isi konten blog kita. Dan inipun sudah saya alami dari dulu, Banyak sekali blog yang isi kontennya sama persis dengan postingan-postingan saya, dan tanpa diberi link sumber.
Ya memang sih google lebih pintar memilah-milah mana si Konten ORI (Asli), tp tetep aja gawe jengkel !! upssS.. curhar dikit :P
Dan sedikit banyak faktor diatas mempengaruhi hasil pencarian di Search Engine (SE).

Masih ada sebenarnya beberapa alasan yang membuat de index di SE, tapi beberapa alasan diatas yang sudah saya jelaskan itu menurut apa yang ada diotak saya, dan dari beberapa pengalaman saya sendiri.
Karena tujuan awalanya saya membuat postingan ini juga sebenarnya ingin BERTANYA kepada para sobat blogger ?? Jadi... semoga ada yang berkenan berbagi ilmu dan bisa membantu memberi solusi atau pemecahan masalah saya diatas.

Ditunggu tanggapannya Sob !! Sekian dari saya dan terimakasih.... \m/
web design blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers