Mengenal Lebih Jauh Blog Dofollow

Viyan Pradita Selasa, Mei 17, 2011

Masih melanjutkan dari artikel Mengenal Lebih Jauh Blog Nofollow, tidak lengkap kalo artikel tentang blog Dofollow tidak kita bahas juga. Blog Dofollow itu bisa dikatakan kebalikannya dari Blog Nofollow. Blog Dofollow dalam hal ini memang sangat dicari bagi para blogger khususnya mereka yang ingin mendapatkan backlink secara gratis, dimana semakin tinggi backlink yang didapat akan sangat memungkinkan blog tersebut mendapatkan PageRank yang tinggi dari google. Nah ini yang menurut saya menarik dari blog Dofollow, memberikan backlink gratis :D
Disisi lain blog yang menggunakan Dofollow dilihat dari segi positif akan memiliki nilai lebih dalam hal traffic.


1. Pengertian Blog Dofollow

Dofollow merupakan penghapusan suatu atribut HTML rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow" dalam sebuah blog yang sebelumnya adalah nofollow, apabila atribut tersebut dihapus maka akan memerintahkan search engine agar melihat sebuah link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya dan akan menelusuri link tersebut, sehingga itulah yang kita sebut sebagai backlink.

Penjelasannya, ketika sobat blogwalking dan memberi komentar ataupun bertukar link di blog Dofollow, maka link url sobat akan di telusuri oleh search engin,, nah ini yang saya maksud dari postingan saya yang kemarin. sampai disini pasti sobat sudah faham perbedaan antara blog Nofollow dengan Blog Dofollow.

2. Keuntungan/Kelebihan Blog Dofollow

a. Sudah pasti akan banyak kunjungan dan komentar, Karena ya memang dicari oleh banyak orang dengan cara berkomentar sebanyak banyaknya, untuk mendaptkan backlink tentunya.
b. Dengan kunjugan dan komentar yang banyak, sudah dipastikan trafik blog juga akan naik drastis, dan berpengaruh terhadap Alexa rangking.

3. Kekurangan Blog Dofollow

a. Seperti pada penjelasan saya diatas, blog akan ramai komentar, dan terkadang dari mereka memberikan komentar yang tidak bermanfaat, atau bisa disebut Spam. karena ada juga yang hanya tertuju akan backlink gratisnya saja.
b. Ramainya komentar kadang akan banyak penanaman link yang rusak.
c. Blog dofollow Tidak begitu disukai oleh Google karena memberikan link keluar yang banyak. Akibatnya, jika terlalu banyak link keluar blog kita bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman blog kita. Tentu saja ini akan membuat pengunjung dari Google berkurang atau bahkan tidak ada. Dan tidak menutup kemungkinan pagerank blog kita pun malah turun.

Dari penjelasan diatas, dan penjelasan sebelumnya "Mengenal Lebih Jauh Blog Nofollow" saya yakin sobat sudah pada faham, bagaimana itu blog Nofollow dan bagaimana itu blog Dofollow.
Dan pastilah sobat sudah berfikir untuk dijadikan seperti apa blog sobat nantinya, mau tetap Nofollow-kah atau dofollow.
Untuk saya pribadi saya menerapkan di blog saya ini bersetatus Dofollow. tapi saya tetap tidak memilih-milih, mau blog nofollow atau dofollow tidak jadi masalah buat saya. Itu semua terserah sobat masing-masing. Buat saya yang penting Happy blogging, dan bisa saling berbagi. \m/

Oia hampir saya lupa, pasti sobat berfikir, bagaimana cara membuat blog Nofollow menjadi Dofollow kan ?? Ditunggu saja postingan saya selanjutnya.... Capek neh sob :)
Semoga postingan saya kali ini bisa dijadikan pertimbangan bagi sobat blogger semua. Bi;a masih ada yang belum jelas jagan lupa berkomentarlah, sebelum berkomentar itu dilarang, Whehehe :p
Ok... Sekian dari saya, Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh :

Artikel Mengenal Lebih Jauh Blog Dofollow ini dipublish pada hari: Selasa, Mei 17, 2011. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

21 komentar
Terjun Ke Kolom Komentar

  1. salam kenal sob,
    memang butuh pertimbangan yang matang untuk menentukan status blog kita do/no follow. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari sisi mana keputusan kita diambil.
    Kalau boleh tanya sobat, bagaimana caranya untuk mengecek kalau suatu blog statusnya do/no follow? Saya sudah cari banyak reverensi tapi belum menemukan cara yang tepat
    Saya tunggu juga ya posting selanjutnya...Tetap semangat sobat
    Thanks :)

    BalasHapus
  2. @Yohanes: Lam kenal balik sob
    Betul sob, keputusan ada pada diri kita masing2, saya disini hanya memberi penjelasan saja. hehe

    Ok, mungkin sobat bisa mencobanya bila memakai browser Mozila Firefox.
    caranya bisa sobat lihat pada postingan terbaru saya tentang cara merubah blog menjadi dofollow.

    Thanks sob

    BalasHapus
  3. oy gan.. ane komentar lagi di sekuel postingannya. hehe.

    iya sih gan tadinya ane nimbang2 juga pas mutusin bikin blog jadi dofollow. takutnya malah dicap blog spam sama google. tapi ane anggap ini kayak jepang waktu dulu membuka diri pada dunia internasional aja (nyontek sejarah dikit). dengan harapan blog ane jadi makin maju dan cepet berkembang. sip. happy blogging gan.

    BalasHapus
  4. @Gogotaro : iya sob, seperti pada penjelasan saya diatas: blog dofollow tidak begitu disukai oleh Google karena memberikan link keluar yang banyak. Akibatnya, jika terlalu banyak link keluar blog kita bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman blog kita.

    Sip gan, sukses slalu \m/

    BalasHapus
  5. mantaps infonya, terimakasih ya

    BalasHapus
  6. Biar pun ga' dapet PR tapi pengunjung di blog kita rame..

    BalasHapus
  7. @AGIL : Sama2 sob...

    @zhanaz45 : Iya, seperti yang kita tahu, sudah banyak sekali blog yang bertema tutorial blog. pastinya akan semakin sulit buat dapetin PR.. hohoho... lain halnya blog dengan topik2 yang bebas, ide dan postingan tidak terbatas, itu semakin mudah :))

    BalasHapus
  8. Memang pilihan yang berat.Tapi pengorbanan blog dofollow harus dihargai.
    Salam kenal dari newbie. Mohon ijin backlink untuk http://caramembuatblog.info , http://obatuntukdiabetes.com ; http://waralaba-murah.com, http://www.pabrikmakanan.com. Jika ada waktu silahkan mampir. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. @irfanovsky: Iya betul sob, harus dipikir matang2 dulu sebelumnya.
    Ok sob.. makasih buat komentarnya, salam kenal :)

    BalasHapus
  10. mas..., saya ingin berkomentar untuk hal yang ketiga..
    setahu saya indikasi google suka atau tidak ke blog kita itu adalah ketika google memberikan PR yang bagus, dan blog dofollow juga banyak yang berPR tinggi... adapun maslah spam..., cukup dengan moderasi saja... blog2 seperti ini banyak kok di internet...

    BalasHapus
  11. @eko tri: Sippp :))

    @wicker: Betul sob, itu cara mengatasi masalah untuk kekurangn pada blog yg bersetatus dofollow. dan memang banyak juga blog dofollow yang memiliki PR tinggi.
    Btw.. makasih buat infonya sob. salam kenal :)

    BalasHapus
  12. ow begitu...ty fo info :X

    BalasHapus
  13. Wah.. Ternyata gitu sob? Baru Tau aku.. hehehehe..

    BalasHapus
  14. Nice info sob,, yang ada skarang jd tambah bingung. Untuk blog baru kira2 bagusan mana sob DoFollow atau NoFollow?
    Klo skarang di rubah jadi DoFollow, kdepannya bisa di rubah lagi jd NoFollow ga? Sorry sob klo pertanyaannya terlalu buanyak, mohon pencerahannya. Thanks sob sbelumya...

    BalasHapus
  15. @Candra Aditya: Ya, kurang lebihnya begitu sob. hehee

    @WonkDjava: Memang gak gampang untuk memutuskan status blog menjadi Nofollow/Dofollow. tp paling tidak setelah kita tahu akan kelebihan dan kekurangan masing2, saya kira kita bisa memutuskan mau dibuat seperti apa blog kita.
    Menurut saya kalo awal2, mending standartnya aja dulu.
    Untuk merubah dofollow menjadi nofollow, tinggal rubah kembali kode-nya seperti semula lg sob.

    BalasHapus
  16. @Iman Hidayat: Ok.. silahkan mas.. :)

    BalasHapus
  17. Hehe saya milih Nofollow aja deh...

    BalasHapus
  18. Gan, ane Belum ngerti Dengan Nofollow dengan Dofollow itu , Karena ane masih newbie belom tau apa"
    mohon di jelaskan rincianx sja gan,

    Trima Kasih

    BalasHapus

Catatan:
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS DI SINI...</i>


web design blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers