Mengenal Lebih Jauh Blog Nofollow

Viyan Pradita Selasa, Mei 17, 2011

Seperti yang sudah saya janjikan pada postingan saya kemarin di Blog Ini Dofollow, saya berniat memberikan seidikit penjelasan tentang blog Nofollow dan blog Dofollow. Kesempatan kali ini yang akan saya bahas yaitu mengenal lebih jauh tentang Blog Nofollow. Dan saya yakin banyak yang sudah faham dengan istilah tersebut, tapi saya rasa masih banyak juga yang belum faham akan hal ini, jadi mari kita bahas satu persatu.


Yang pertama kita mulai Mengenal Lebih Jauh Blog Nofollow. Seperti yang kita tahu, secara default dalam penggunaan blog dari domain blogger.com itu adalah Nofollow.

1. Pengertian Nofollow

Nofollow merupakan atribut HTML dalam sebuah blog yang fungsinya untuk memerintahkan search engine agar tidak melihat sebuah link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingginya aktivitas spam pada mesin pencari dan mencegah terjadinya spamdexing.

Atribut HTML blog Nofollow adalah rel="nofollow" atau rel="external nofollow


Penjelasannya seperti ini sob,
Jadi bila sobat melakukan blogwalking dan sobat meninggalkan jejak disana dengan berkomentar ataupun tukar link dengan blog yang menganut sistem Nofollow, maka link url blog sobat yang sudah ditanam di blog tersebut tidak akan ditelusuri oleh search engin. Tapi link sobat tetep ada dan tetap berfungsi sebagai mana mestinya. hanya saja tidak di telusuri oleh search engin.
Nah dari penjelasan diatas, kita pasti sudah tahu kan untung atau ruginya bila kita melakukan blogwalking dan berkomentar ataupun bertukar link dengan blog yang bersetatus nofollow ?? ya karena search engin tidak menelusuri/menghitung link yang sudah kita tanam disana.
sedangkan kita pasti membutuhkan sebuah backlink pastinya, untuk menaikan Pagrank blog kita.

2. Kelebihan blog Nofollow

a. Selain untuk mencegah terjadinya spaming hal ini juga untuk menghindari terjadinya penggemukan link yang rusak dan terlarang.
b. Blog yang default lebih disenangi oleh search engine, selain konten isi blognya orisinil, blog tersebut juga SEO friendly,
c. Untuk komentar yang masuk pasti lebih nyambung alias tidak OOT dengan tpik pembahasan
d. Yang terakhir untuk masalah pagerank akan lebih stabil.

3. Ada kelebihan pasti ada Kelemahan/kekurangan

Yang sudah pasti terjadi yaitu blog akan sepi pengungjung, dan juga sepi akan komentar. Hal ini berpengaruh dengan peningkatan trafik yang biasa-biasa saja, atau tidak terjadi peningkatan trafik yang sangat tajam.


Nahh... sudah sedikit faham kan sob tentang blog Nofollow ?? Sekarang kita lanjut membahas tentang blog Dofollow, tapiiii... berhubung jari saya capek ngetik, jadi kita lanjut lagi pada postingan saya selanjutnya. hohoho... to be continued :P
Itulah kiranya yang bisa saya jelaskan mengenai blog yang bersetatus Nofollow. mungkin masih banyak kekurangan dari penjelasan saya ditas. maka dari itu saya minta koreksinya dari sobat blogger semua.
Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Ditulis Oleh :

Artikel Mengenal Lebih Jauh Blog Nofollow ini dipublish pada hari: Selasa, Mei 17, 2011. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

11 komentar
Terjun Ke Kolom Komentar

  1. thnx gan atas penjelasannya. blog ane udah ane bikin do follow.. =D he.

    BalasHapus
  2. @Gogotaro : Ok, Sob... nanti kalo sudah rame dan banyak dibuatkan untuk daftar blog yang bersetatus Dofollow.
    makasih sob :)

    BalasHapus
  3. saya menganut paham dofollowisme dalam blogging... sebenarnya jika masalahnya adalah spamming..., maka cukup bisa diatasi dengan mengaktifkan moderasi... dan untuk masalah PR..., maaf..., banyak juga dofollow yang ber PR sampe 6..., contuhnya kikolani.com. itu adalah contoh blog yang sangat baik terhadap para pengunjung.., dan terhadap dirinya sendiri..

    BalasHapus
  4. @rattan: Betul sob, Info yang bagus.
    Untuk PR buat saya gak terlalu kepikiran, coz awalnya ngeblog, hanya ingin berbagi dan sambil belajar.
    tanpa itu saya rasa ngeblog akan membosankan :))

    Makasih buat infonya, salam kenal :)

    BalasHapus
  5. aq masih newbie nih, gimana cara bikin rel='nofollow' menjadi dofollow? pada comment author atau pada backlinks? atau dua2nya? Thx :)

    BalasHapus
  6. @Pudio: Silahkan info/cara membuatnya sudah saya share sebelumnya mas, csilahkan cari di related post, di sidebar dengan judul "cara mudah membuat blog menjadi dofollow".

    BalasHapus
  7. ane bru faham tuh sob...

    trnyata masing" ada kelebihan dan kkurangannya jga ya...

    thanks sob!

    BalasHapus
  8. klau blog sndiri dibkin dofollow... bisa gk kita ng'backlink k blog sndiri sob???

    BalasHapus
  9. @Agen xamthone plus surabaya: ya bisa lah sob, blog dummy :D

    BalasHapus
  10. waaah bener-bener baru tahu maksud dofollow ama nofollow, kemaren gak mudeng maksudnya .. dan ternyata blog ku masih nofollow, oh iya mas, theme yang faster black itu udah dofollow kan ?
    rencana mau make template itu, cuman masih pengen ngerubah di urusan tipografinya .. rung mudeng, bisa bantu mas ? ganti font yang agak besar ama jarak spasi diperlebar

    BalasHapus

Catatan:
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS DI SINI...</i>


web design blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers