Belajar Mengenal SEO On Page dan Off Page

Advertisemen
Mumpung ada kesempatan dan waktu luang, jadi saya sempat-sempatkan untuk memposting artikel ini, yaitu Belajar Mengenal SEO On Page dan Off Page. Membicarakan SEO dan Belajar SEO saya rasa tidak ada bosannya, dan tidak ada habisnya, bener-bener gawe nyong mumet! haha... bahasa ngapak'nya keluar deh :p
Ini merupakan permainan strategi dalam blog, khususnya dalam hal SEO, Strategi SEO yakni bagaimana agar keyword yang dibidik (sniper kali yah) menempati urutan strategis dalam search engine. Seperti yang kita ketahui,Mbah google lah yang sering dijadikan jurinya. Hah, maka dari itulah kita sangat memerlukan yang namanya strategi antaranya yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Oleh karena itu juga saya rasa kita wajib mengenal apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage.

1. SEO Onpage
SEO Onpage adalah strategi dalam segala bentuk optimasi search engin pada blog atau website yang dimaksud. Strategi onpage lebih ditujukan pada penyerangan search engine terhadap keyword tersebut.

Beberapa contoh penerapan SEO Onpage, yang saya dapat dari blognya Kang Rohman (maap neh kang, saya nyontek dikit) :

  1. Penggunaan nama domain
  2. Judul Blog
  3. Judul Posting
  4. Deskripsi
  5. Penggunaan Headings (H1,H2,H3, H4, dst…)
  6. Penggunaan kata tebal, miring, garis bawah, dan lain sebagainya
  7. Internal linking ( tautan ke halaman posting lain yang masih dalam bagian blog yang dimaksud)
  8. Penggunakan tag alt pada setiap gambar
  9. Memepercepat waktu akses blog
  10. Dan asih banyak lagi yang lainnya

Cara untuk Optimasi hal-hal yang saya sebutkan diatas, bisa sobat cari di blog kode blogger ini, tapi bila enggan mencarinya sobat bisa melihatnya di Tips SEO dan Mempercepat Loading Blog


2. SEO Offpage
SEO Offpage adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang di lakukan di luar blog atau website yang di maksud. Strategi offpage ini lebih bersifat support dan bahkan menjadi inti support dalam mendongkrak keberadaan blog di search engine.

Beberapa contoh penerapan SEO Offpage
Strategi offpage bisa dilakukan dengan link building, diantaranya:
  1. Submit ke directory/Submit site map ke webmaster tools
  2. Link exchange dengan sesama teman blogger
  3. Iklan review untuk mendulang link
  4. Lomba yang memberikan linkback ke blog penyelenggara, Seperti Kontes SEO.
  5. Ping, dsb.

SEO Offpage lebih kearah backlink, karena semakin banyak yang merekomendasikan maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.

Dari hal diatas saya bisa mengambil kesimpulan, kesimpulane inyong yaitu:
Strategi onpage bisa dilakukan sekali, sedangkan untuk offpage harus dilakukan berkali-kali lipat untuk bisa mendorong posisi di search engine. Dan dari pengalaman yang sudah-sudah, saya rasa kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan strategi Onpage, terutama pada waktu mengganti meta title ataupun meta conntent, dan juga jangan terlalu sering mengganti template blog, karena efeknya bisa sedikit banyak membuat kita kerepotan! Contoh korbannya yo saya ini ?? Hahaha... Bila penasaran sobat bisa liahat pengalaman saya akibat kontes SEO.

Oia, katanya juga dalam hal ini, baik SEO Onpage dan SEO Offpage itu harus seimbang yah?? Walahh... inyong juga gak begitu tahu berapa perbandingannya, berapa persen untuk Onpage dan Offpage. Tapi kalo dipikir-pikir sih, lebih banyak melakukan Offpage daripada Onpage.
Yahh.. itulah yang bisa saya share kali ini, tentang Belajar Mengenal SEO On Page dan Off Page. Dan saya yakin sobat blogger pasti punya pendapat dan strategi sendiri-sendiri dalam hal ini, jadi... mari kita saling berbagi sob!!
Jangan segan-segan untuk memberi kritikan dan masukan yah, saya tunggu lho komentarnya. Semoga bermanfaat.
Salam Blogger Banjarnegara \m/

Baca juga sumber referensi'nya: Kolom Tutorial

Article Information:
Description: Belajar Mengenal SEO On Page dan Off Page
Reviewer: Viyan Pradita - Itemreviewed: Belajar Mengenal SEO On Page dan Off Page - Rating: 4.5
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments