RSS, FEED, Dan RSS Reader Serta Kegunaannya

Advertisemen
Postingan kali ini saya memakai jurus copy paste sob, xixixiixi... Artikel ini saya ambil dari Om Wiki [ WikipediA ] Oke, langsung saja kita eksekusi...
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa:


-Rich Site Summary (RSS 0.91)
-RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
-Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. [ WikipediA ]

Gampangnya, RSS merupakan versi simple dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website. tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya anda tidak butuhkan. rss dapat dibaca melalui pembaca RSS atau RSS reader.

Lanjut Ke FEED, Apa itu FEED??
Feed ( atau pengumpan dalam bahasa indonesianya ) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita). [ WikipediA ]

Lanjut Lagi Sob, Apa itu RSS Reader??
RSS Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS daru sebuah website. cara membaca RSS suatu website adalah, sobat masukkan alamat feed website tersebut, lalu RSS akan mengambil RSS dari feed website tersebut. Setiap kali web tersebut di update, versi RSSnya akan disediakan oleh feed, dan akan diambil oleh RSS reader Sobat.

Mungkin informasi di atas sudah cukup membuat kita mengerti apa itu RSS, FEED, dan RSS Reader, lalu apa sih keuntungan dari ketiga hal diatas ??

Ketiga Teknologi tersebut memungkinkan sobat membaca berita terbaru dari 20 website/blog favorit sobat dalam waktu kurang lebih sepuluh menit. wew? cepet amat??
Caranya, Sobat miliki sebuah RSS reader lalu daftarkan feed blog atau website favorit sobat. Setiap kali website tersebut mengupdate kontennya, sobat akan mendapatkannya!
pastinya tidak perlu bolak – balik menyantroni blog kesayangan sobat untuk mendapatkan konten terbaru darinya. dan lagi, sobat tidak perlu lagi MemBookmark halaman website favorit sobat. Nahh... sangat bermanfaat kan ??

Selamat mencoba, Semoga Bermanfaat :)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments