Apa Itu XML ?

Advertisemen
Kode-kode XML sering sekali kita jumpai, bahkan setiap blogger pasti sudah paham tentang apa itu XML. buat tambahan dan berbagi saja, sedikit pengertian dari XML.
XML (Extensible Markup Language) adalah sebuah meta-bahasa, yaitu itu adalah bahasa yang diciptakan bahasa lain.
Dalam
XML, data "mark up" dengan tag, mirip dengan tag HTML. Bahkan, versi terbaru dari HTML, yang disebut XHTML, adalah bahasa berbasis XML, yang berarti bahwa XHTML mengikuti aturan-aturan sintaks XML.

XML digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Data ini mungkin dimaksudkan untuk dengan dibaca oleh orang atau oleh mesin. Hal ini dapat sangat terstruktur data seperti data biasanya disimpan dalam database atau spreadsheet, atau longgar struktur data, seperti data yang tersimpan dalam huruf atau manual.

Ini Pengertian XML menurut Om WIKI
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.
XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen.[4] Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.

XML memiliki tiga tipe file yaitu:
* XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
* XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
* XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.

Code Sample: XMLBasics/Demo/Paul.xml
<?xml version="1.0"?>
<person>
<name>
<firstname>Paul</firstname>
<lastname>McCartney</lastname>
</name>
<job>Singer</job>
<gender>Male</gender>
</person>
Code diatas adalah contoh simple dari XML.
Sumber kode: http://www.learn-xml-tutorial.com

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments