Memahami Sistem Kerja Algoritma Google Panda 2.2

Advertisemen
Algoritma Google Panda. Lama juga tidak update posting neh sob, biasalah disibukan dengan hal lain. hehehe
Kali ini saya akan membahas masih seputar search engin dan SEO, dan yang akan saya bahas yaitu, Memahami Sistem Kerja Algoritma Google Panda 2.2. Disini sudah jelas saya bukanlah pakar SEO ataupun ahli dalam hal seperti ini, tapi disini saya mencoba membahas sesuatu yang ingin saya sampaikan sedikit mengenai algoritma google panda. Seperti yang sudah kita tahu, beberapa hari kemarin google telah melakukan update dalam sistem search engin'nya. Diawali dengan pengapusan domain gratisa co[dot]cc dari sistem indexnya, google juga mengumumkan tentang sistem dari penggunaan algoritma baru yaitu "panda" (hohoho gak tahu juga kenapa diberi nama "panda"), dengan nama kerennya yaitu "Google Panda".

Algoritma baru ini dimaksudkan agar pengungjung lebih mendapatkan hasil pencarian yang berkualitas. Nah disni saya juga akan share dari beberapa informasi yang saya dapat (tentunya dari browsing sana sinilah sob) mengenai beberapa hal tentang algoritma google panda:

  1. Yang pertama yaitu tentang algoritma baru google (panda), yang tidak selalu dan sama dengan deindex. Resminya, si panda ini dalam menekan aktivitas "content farm" (ehow, suite101, mahalo, dll). Deindex sendiri sudah terjadi sebelum tgl 24 feb.
  2. Efek dari google panda yang utama, index si content farm diinjek ke bawah. bukan hilang alias deindex. akibatnya, karena kebanyakan content mereka di tendang dari pageone, trafik otomatis anjlok. Dan ini yg disebut engineer google sebagai "de-ranked".
  3. Algoritma baru ini akan memeriksa kontent yang ada, denga maksud memeriksa apakan web/blog tersebut merupakan kontent copy paste (copas) ataukah original post. Dengan ini tidak menutup kemungkinan bagi web/blog yang tidak sesuai dengan ketentuan/tidak termasuk dalam kategori berkualitas, pasti akan turun pagerank'nya.
  4. Kabar buruknya, kalao tidak salah neh, algoritma baru ini baru rolling 12% di database google, terutama untuk amerika. Jadi intinya, nunggu giliran saja bagi yang masih aman-aman saja.
  5. Yang jelas si mbah sekarang makin galak :D

Beberapa hal diatas tentunya saya dapat dari beberapa sumber yang saya baca. Dan saya sendiripun mempunyai pendapat lain. Kalao blog sobat kena semprit dari si mbah, bisa jadi karena selama ini terlalu "intim" sama web-web content farm. kalo artikel direktori dimusuhi si mbah, sudah pasti yg sering main-main ke situ juga akan kena pengawasan si mbah. Yang pasti jangan terjebak dalam optimasi seo yang lama.

Timbul pertanyaan juga dibenak saya, bagaimanakah nasih SEO dimasa depan, semisal simbah guugel mainan'nya "authoritative site", dan apakah backlink itu masih diperukan dalam kita mendongkrak SERP ??
Bagi saya saat ini, yang penting posting-posting dan posting... tanpa mempedulikan SERP, optimasi ataupun yang lainnya. hihihi :p
Dari penjelasan saya diatas pastinya masih banyak hal yang lain yang belum di jelaskan, karena saya sendiri juga masih belum belajar banyak tentang alogaritma google panda ini. Dan semoga ada yang bisa menelaah, atau menjelaskan lebih rinci tentang algoritma google panda ini. Dan buat sobat blogger yang sudah terlanjur "content farm" sebaiknya cepat-cepatlah memperbaiki kontent'nya.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Article Information:
Description: Memahami Sistem Kerja Algoritma Google Panda 2.2
Reviewer: Viyan Pradita - Itemreviewed: Memahami Sistem Kerja Algoritma Google Panda 2.2 - Rating: 4.5
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments