Peran Post Editor Untuk Valid XHTML Pada Blogspot

Advertisemen
Berbicara tentang valid XHTML di blogspot memang tidak ada habisnya, secara default untuk blogspot sendiri memang tidak bisa sepenhnya lulus valid XHTM, yaitu ada beberapa bagian tempalte yang benar-benar sudah tidak bisa diganggu gugat. Yaitu bagian komentar blogspot. Terkecuali kita memakai template klasik, saya rasa bisa kita buat agar valid XHTM. Seperti pada cara membuat template agar valid XHTM, yang pernah saya bahas sebelumnya.

Sebelum saya bahas, sobat pastinya sudah bisa merubah post editor yang akan sobat pakai di blogspot kan?? biar lebih lengkap saya jelaskan juga caranya:
Masuk ke Setelan/Setting >> Dasar >> Pilih editor entri
Disitu ada beberapa pilihan, silahkan sobat pilih sesuai dengan keinginan sobat.

Nah terus apa hubungannya valid XHTML dengan post editor blogspot ??
Begini sob, setelah beberapa hari kemarin saya mencoba posting dengan post editor baru, ternyata memberikan dampak kurang bagus untuk valid XHTML, terutama dalam hal "upload gambar", dimana setelah saya cek di Markup Validation Service, pada bagian gambar pasti kedetect error tuh, setelah saya bandingkan upload gambar dengan menggunakan post editor lama,setelah dicek di Markup Validator , memang hasilnya berbeda.
Untuk beberapa kode gambar dipostingan yang error, coba perhatikan contoh dibawah ini:

1. there is no attribute "imageanchor"
…/s1600/Viyan_Pradita.jpg" imageanchor="1" style="margin-left:1em; margin-right…
2. required attribute "alt" not specified
…1AlsVw/TiI2GUI7h-I/AAAAAAAAA3Q/-aoBKRH6Kmc/s320/Viyan_Pradita.jpg" /></a></div>

Kode diatas merupakan kode yang terdeteksi error di Markup Validator. Perhatikan kode yang diberi warna merah, itulah kode yang dianggap errors / tidak valid XHTML.
Bayangkan saja, satu gambar tedapat 2 errors, bagaimana kalau bepuluh-puluh gambar yah?? Bisa sobat bayangkan sendiri hasilnya :P

Bisa saya ambil kesimpulan, setelah saya pelajari hal tersebut, ternyata dalam kode setiap kita upload gambar, untuk menggunakan post editor lama dan post editor baru itu berbeda kodenya. Untuk post editor lama, menurut saya lulus di validator, sedangkan dengan menggunakan post editor baru itu sebaliknya, alias terdeteksi error (untuk kode gambar pada postingan blog).
Oleh karna hal itulah saya sendiri lebih memilih menggunakan post editor lama dibanding post editor baru. Memang dalam hal kelengkapan, sudah pasti lebih lengkap post editor baru, tapi tidak untuk hal yang satu ini. Tapi saya disini tidak menyarankan sobat untuk tetap menggunakan post editor lama, saya hanya mencoba berbagi pengalaman saja. Untuk hal ini, terserah sobat masing-masing.

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang Peran Post Editor Untuk Valid XHTML Pada Blogspot. Nah, sekarang tinggal tugas sobat mencoba mebuktikannya sendiri, dari apa yang saya jelaskan diatas. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Article Information:
Description: Peran Post Editor Untuk Valid XHTML Pada Blogspot
Reviewer: Viyan Pradita - Itemreviewed: Peran Post Editor Untuk Valid XHTML Pada Blogspot - Rating: 4.5
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments