Gara-Gara Kontes SEO

Advertisemen
Bingung juga mau beri judul apa untuk postingan saya kali ini, karena disini saya cuma mau berbagi pengalaman saja tentang Search Engine Optimization (SEO). Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengerti apa itu SEO, saya sendiripun masih sangat awam tentang hal ini. awalnya saya tidak begitu tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang SEO, karna saya belum mengerti fungsi dan keuntungannya, maka dari itulah saya gaptek. hehe
Tapi setelah beberapa hari kemarin melihat ada Konte SEO, saya justru malah tertarik untuk mencobanya, nah dari situlah saya mulai sibuk kesana-sini untuk mencari cara agar blog saya jadi bisa SEO Friendly. Yaa, siapa sih yang gak mau blognya jadi no1 di mesin pencari/Search Engin??
SEO (Search Engine Optimization) adalah cara yang digunakan untuk mengoptimasi atau untuk meningkatkan kualitas website atau blogger dimata mesin pencari sehingga suatu situs atau website akan menempati peringkat pertama pada daftar pencarian. Lebih lengkap tentang SEO


Ada beberapa tahapan yang saya lakukan untuk mengoptimalkan blog agar lebih SEO Friendly:

1. Tahap awal saya mulai dari Setting Template
Dengan menyetting template blog agar menjari lebih SEO Friendly, sebenarnya cara ini saya praktekan sejak awal ngeblog, cuman karna sering gonta-ganti template jadi lupa deh :D
Setelah edit template selesai saya lanjut untuk,

2. Memmaksimalkan SEO dengan Meta Tag dan Meta Title Blog
Tahap inilah yang kadang bikin saya pusing sendiri, jujur saja cara pemasangan Meta Tag sangatlah banyak dan bervariasi. Meta tag ini juga sangat berpengaruh untuk pengoptimalan blog kita terhadap Search Engin.

3. Tahap ketiga yaitu Membuat Judul postingan blog lebih SEO Friendly
Optimasi judul blog di blogspot adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian google agar menjadi Search Engine Friendly.

Dari beberapa tahap diatas tentulah tujuannya untuk membuat blog kita lebih baik dimata Search Engin, tapi semua yang saya lakukan dengan tahapan diatas tidaklah semulus yang saya harapkan. Untuk cara diatas semua memang baik/bagus untuk blog kita, namun dalam prakteknya yang kadang banyak mengalami kendala.
Apalagi dalam masalah Meta Tag, sayalah korbannya. hehehe

Jujur, salah satu hobby saya yaitu edit-edit dan gonta-ganti template, dan dari waktu kemarin saya mengikuti kontes SEO, saya menggati semua Meta title dan Meta tag, tujuannya pastilah agar lebih baik?? Tapi apa akibatnya... Blog saya di perncarian google menurun drastis, yang lebih jengkelnya, untuk kontes SEO "Mari Berkomunitas Di Faceblog" yang kemarin ada di page 6, sekarang udah gak tahu dimana.
Sudah saya coba update kemali postingannya, namun hasilnya nihil. Postingan bisa muncul di search kalu diberi embel-embel "Kode Blogger" huhuhu... postingan hilang dari SERP (Search Engine Result Page) .
Sempat berfikir juga apa kena google-sandbox yah ??

Gara-gara ikutan Kontes SEO saya jadi makin semangat untuk belajar lebih jauh tentang SEO !! Whehehe...


Kesimpulan:
Dari pengalaman saya diatas semoga bisa menjadi bahan koreksi buat sobat blogger untuk lebih berhati-hati dalam hal SEO tentunya, khususnya untuk Meta Tag, alangkah lebih baik untuk memBackUp terlebih dahulu tempalte/Meta Tag sobat, bisa disimpan di NotePade/MS Word. dan jikalau sobat mengganti tempalte baru, segera bisa dipasang di template baru sobat.
Jika Sobat berganti template dan tidak segera merubah meta tag blog seperti semula sehari saja, bisa berabe urusannya, effectnya sangat besar pada posisi blog sobat di mesin pencari.

Itulah kiranya pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat atau bisa menjadi bahan koreksi dan pertimbangan buat Sobat Blogger semua.
Oia... untuk beberapa tahapan diatas mungkin akan saya share pada postingan saya selanjutnya.
Terimakasih...
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments